SISTEM KOMPUTER
SEJARAH KOMPUTER
Awal Penemuan Komputer
1.
Abacus
(500 SM – 1500 M)
Abacus merupakan sebuah alat yang
menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada sebuah rak untuk melakukan
perhitungan. Abacus banyak digunakan oleh para pedagang untuk menghitung
transaksi perdagangan.
2.
Blaise
Pascal (1623 – 1662)
Ia menemukan
alat yang disebut sebagai kalkulator roda numerik. Alat ini digunakan untuk
membantu pekerjaan ayahnya dalam perhitungan pajak.
Klasifikasi Komputer
BERDASARKAN SINYAL MASUKAN
1.
Komputer
Analog
Berfungsi untuk
menerima sinyal masukan berupa data analog. Contoh: komputer penghitung aliran
BBM dalam SPBU.
2.
Komputer
Digital
Berfungsi
menerima masukan digital, merupakan komputer kebanyakan yang sering dikenal.
3.
Komputer
Hibrid
Berfungsi
menerima masukan analog dan digital
BERDASARKAN
UKURAN
1.
Supercomputers
Adalah sebuah
komputer yang memimpin di dunia dalam kapasitas proses, terutama kecepatan
penghitungan, pada awal perkenalannya. Superkomputer digunakan untuk tugas
penghitungan-intensif seperti prakiraan cuaca,riset iklim. Superkomputer unggul
dalam kecepatan dari komputer biasa dengan menggunakan desain inovatif yang
membuat mereka dapat melakukaan banyak tugas secara pararel.
2.
MainFrames
3.
Personal
Computers
4.
Notebook
Computers
Adalah komputer
portabel (kecil dan dapat dibawa ke mana-mana dengan mudah) yang terintegrasi
pada sebuah casing.
5.
Personal
Digital Assistant
BERDASARKAN
TUJUAN PEMBUATAN
1.
General
Purpose
merupakan komputer yang dikembangkan
untuk kebutuhan umum, Contoh : PC, Notebook, dll.
2.
Special
Purpose
merupakan
komputer yang digunakan untuk kebutuhan khusus, Contoh : komputer khusus untuk
meramal cuaca.
BERDASARKAN
GENERASI
1.
Generasi
Pertama – 1944 – 1958
-
Punch
cards, magnetic tapes, vacuum tubes
2.
Generasi
Kedua – 1959 – 1963
-
Solid
state transistors replace vacuum tubes
3.
Generasi
Ketiga – 1964 – 1970
-
Integrated
Circuits
4.
Generasi
Keempat – 1971 – Sekarang
-
LSI
dan VLSI circuits w/ 100’s of millions of transistors.
HARDWARE KOMPUTER
Komputer adalah
sebuah mesin yang dapat diprogram untuk menerima data (input), memprosesnya
untuk menghasilkan informasi (output), dan kemudian menyimpannya ke media
penyimpan (Secondary Storage).
Input-Process-Output
Model
-
Input
: keyboard,mouse,microphone,
camera
-
Output
: disk file, printer, video monitor,
sound card
-
Storage : floopy disk, hard disk, zip disk, tape,
flash disk, compact disk
-
Process
: arithmetic/logical/sorting/match
operations
1.
Hardware
(Perangkat Keras) adalah peralatan yang langsung dihubungkan ke komputer.
2.
Software
(Perangkat Lunak) adalah kumpulan instruksi yang memerintahkan komputer untuk
melakukan sesuatu.
3.
Brainware
(Manusia) adalah orang yang menggunakan komputer untuk keperluan tertentu.
Komponen Dasar Komputer :
-
Motherboard :
papan sirkuit yang ditempeli dengan CPU, memori utama, video card, RAM, serta
berbagai komponen lain yang mendukung kinerja suatu komputer.
-
CPU (Central
Processing Unit) : menunjuk ke bagian dari komputer yang
memahami dan melaksanakan instruksi dan data yang terdapat dalam perangkat
lunak.
-
Chasing : bentuknya
bermacam – macam yaitu tempat untuk meletakkan semua komponen (perangkat keras
komputer).
-
Memory : sebuah tipe
penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam urutan acak.
o
Tipe Memory :
a.
RAM (Random
Access Memory)
-
FPM
RAM
-
EDO
RAM
-
SD
RAM
-
DDR
b.
ROM (Read Only
Memory)
-
ROM
-
PROM
-
EPROM
-
EEPROM
-
Monitor : sebuah output
device yang berfungsi untuk menampilkan data atau transformasi ke layar.
-
Hard Disk (Hard
Drive) : Menunjuk
kepada sebuah komponen yang digunakan untuk menyimpan data, yang terpasang di
dalam komputer dan dapat menyimpan data lebih banyak dibandingkan penyimpanan
data portabel seperti disket, CD-ROM, atau kaset.
-
Floopy Drive : Sebuah
perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis
bulat yang tipis dan fleksibel dan dilapisi lapisan plastik berbentuk kotak
atau persegi panjang.
-
CD (Compact
Disk) : sebuah
piringan optik yang digunakan untuk menyimpan data digital, yang pada awalnya
dikembangkan untuk menyimpan audio digital.
-
VGA Card : standar
tampilan komputer
-
Keyboard : peralatan
mengetik yang digunakan untuk menginput (memasukkan) teks dan juga untuk
mengontrol pengoperasian komputer.
-
Mouse : alat yang
digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain keyboard.
Komponen Tambahan :
-
Sound Card : suatu
perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara.
-
LAN Card : alat yang
digunakan untuk menyambungkan 2 buah komputer atau lebih dengan menggunakan
media transmisi seperti kabel, inframerah dan lain sebagainya.
-
CD Writer / DVD
Writer : alat yang
digunakan untuk melakukan backup data ke sebuah Compact Disk
-
Modem : alat yang
dapat mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya.
-
Card Reader
-
Microphone
-
Camera
SOFTWARE KOMPUTER
Software digunakan untuk
memerintahkan mesin untuk melakukan sesuatu.
COPYRIGHT DAN COPYLEFT
COPYRIGHT yang
disebut dengan Hak Cipta, belakangan ini muncul istilah Copyleft yang
diciptakan sebagai bentuk perlawanan terhadap copyright. Tetapi tidak berarti
copyleft menentang perlindungan terhadap hak cipta seseorang. Justru Copyleft
memanfaatkan aturan dalam copyright, tetapi dengan tujuan yang berbeda.
LISENSI
LISENSI
merupakan perangkat hukum yang berbeda dibandingkan dengan pengalihan hak
cipta.
Klasifikasi
Software berdasarkan cara mendapatkannya :
1.
Freeware
Program/aplikasi
yang bisa didapatkan secara gratis dan dapat digunakan oleh pengguna secara
bebas.
2.
Shareware
Program/aplikasi
yang bisa didapatkan secara gratis dan dapat digunakan oleh pengguna secara
bebas tetapi biasanya pembuat program mengharapkan kontribusi dari pengguna
programnya yang biasa berupa uang.
3.
Commercial
Program/aplikasi
yang biasa digunakan oleh pengguna pada umumnya. Biasanya dikemas dalam sebuah
box (kotak) yang berisi CDRom/Disket dana buku panduan.
Software terbagi menjadi 2:
1.
System
Software
System Software
atau biasa disebut sebagai Operating System (sistem operasi) dibuat oleh
berbagai perusahaan atau komunitas internet tertentu. Contoh : DOS (Disk
Operating System), Linux, Windows, FreeBSD, Mac OS, Be OS, Windows CE
2.
Applications
Software
Applications
Software dibuat oleh seorang programmer komputer. Programmer adalah orang yang
men-design,menulis,mengetes dan mengimplementasikan software. Contoh :
Microsoft Word, Kword, MyOB, Peachtree, SPSS
Task Oriented Sofware
a.
Word Processing
Contoh
: Microsoft Word, Notepad
b.
Electronic
Spreadsheet
Contoh
: Microsoft Excel
c.
Database
Management
Database
merupakan kumpulan beberapa data terstruktur yang mempunyai subyek yang sama.
Contoh : Microsoft Access, MySQL
d.
Graphics
Contoh
: Adobe Photoshop CS
e.
Communications
Communications
yang paling umum digunakan adalah dengan menggunakan internet. Agar dapat
menggunakan internet diperlukan sebuah aplikasi yang dinamakan browser. Contoh
: Opera, Mozilla Firefox, Internet Explorer, Netscape, Konqueror, Chrome
f.
Office Suite
Contoh
: Microsoft Office, Open Offic, Star Office.
CPU (CENTRAL PROCESSING UNIT)
CPU
1.
Control
Unit
Bertugas
mengambil instruksi dari memori utama, dan menentukan jenis instruksi.
2.
Arithmetic/Logic
Unit
Berisi sirkuit
elektronik yang mengeksekusi semua operasi aritmatik dan logika.
FLOATING
POINT UNIT (FPU)
Merupakan sebuah
mathematical co-processor yang dibutuhkan supaya dapat melakukan perhitungan
matematika dengan lebih baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar