Kamis, 23 Maret 2017

[Pembahasan OSK Informatika Tahun 2006] Ayahku serta ketiga pamanku, dan juga kedua kakekku menjadi botak ...

Soal     :

“Ayahku serta ketiga pamanku, dan juga kedua kakekku menjadi botak dalam 5 tahun saja setelah mereka menjadi praktisi hukum. Saya tidak mau kehilangan rambutku, makanya saya bercita-cita menjadi dokter saja.” Manakah dari logika pernyataan berikut ini yang mirip dengan logika pernyataan di atas?

(A) Setiap saat saya minum kopi sebelum tidur, saya menjadi sulit tidur. Karena malam ini saya ingin tidur nyenyak, maka,saya menelan pil tidur saja.

(B) Anak-anak muda di kotaku banyak yang kena tilang akibat mengebut di Jalan Raya M di minggu-minggu terakhir ini. Karena saya tidak mau didenda, maka saya tidak mau mengebut di Jalan Raya M tersebut.

(C) Setiap orang lain dipindahkan dari departemen kami dalam tiga tahun setelah bekerja di sini. Saya tidak mau bekerja di departemen lain, maka saya tidak mau mulai bekerja lebih keras.

(D) Teman-teman saya dalam proyek pekerjaan bangunan mengalami kecelakaan tertimpa batu bata dalam seminggu setelah mereka makan siang di warung Pak Soleh. Untuk menjaga keselamatan kerja saya, maka saya akan makan siang di Warung Pak Dullah.

(E) Ketiga orang teman klub permainan kartu remi saya masing-masing menjadi cerewet pada asap rokok setelah mereka berhenti merokok. Agar saya menjadi lebih menyenangkan buat mereka, maka saya akan berhenti dari klub permainan kartu remi ini.

Jawab :

            Logika dalam soal diatas adalah memilih hal lain agar tidak sama dengan apa yang terjadi sebenarnya pada orang lain.

            Pernyataan A salah karena hanya satu subjek yang terlibat.

            Pernyataan B hampir mirip dengan pernyataan dalam soal karena berisi mencegah suatu aktivitas. Tetapi Subjek tersebut mencegah agar tidak terkena denda. dan pernyataan tersebut tidak berisi suatu aktivitas memilih sehingga pernyataan ini salah.

            Pernyataan C salah karena di dalam pernyataan tersebut, aktivitas yang akan dilakukan subjek tidak ada hubungannya dengan orang lain (tidak ada hubungannya bekerja keras dengan orang lain yang telah bekerja selama tiga tahun).

            Pernyataan D berisi pilihan, karena Subjek lebih memilih pilihan lain daripada memilih pilihan yang telah dilakukan oleh orang lain (teman subjek).

            Pernyataan E, di dalam pernyataan E ada dua aktivitas berbeda yaitu berhenti merokok dan berhenti dari klub permainan kartu remi sedangkan di dalam soal hanya satu predikat atau satu aktivitas.

            Jadi, pernyataan yang mirip dengan pernyataan dalam soal adalah Pernyataan D

Tidak ada komentar:

Adsense