Program dan Pemograman
Algoritma baru efektif jika dijalankan oleh sebuah pemroses ( processor). Pemroses itu bisa manusia,komputer,robot,mesin, dan sebagainya. Pemroses membaca setiap intruksi
di dalam algoritma lalu mengerjakannya.
Suatu pemroses harus:
1. Mengerti setiap langkah dalam algoritma,
2. Mengerjakan operasi
yang bersesuaian dengan langkah tersebut.
Kita
memfokuskan pemroses algoritma adalah komputer. Komputer adalah alat
bantu untuk menjalankan perintah-perintah
di dalam algoritma yang telah “dimasukkan” ke dalamnya. Agar komputer
mengerti perintah yang dimaksudkan, maka perintah tersebut harus ditulis dalam bahasa yang
dipahami olehnya. Oleh karena itu,algoritma harus ditulis dalam bahasa khusus , yaitu bahasa komputer. Algoritma
yang ditulis dalam bahasa
komputer dinamakan program. Bahasa komputer yang digunakan dalam menulis program dinamakan bahasa pemrogaman. Orang yang membuat program komputer
disebut pemrogam. Dan kegiatan merancang dan menulis program disebut pemrogaman. Di dalam pemrogaman ada aktifitas menulis kode program, kegiatan ini dinamakan coding.
Salah satu dari sekian banyak bahasa pemrogaman, dan akan kita pakai adalah bahasa pascal. Program dibawah ini adalah contoh sebuah kode
program dalam bahasa pascal. Program tersebut melakukan pengurutan sekumpulan nilai ujian mahasiswa. Data nilai ujian mahasiswa dibaca dari papan ketik (keyboard), lalu diurutkan dari kecil hingga besar, dan akhirnya hasil pengurutan ditampilkan di layar peraga (monitor). Untuk sementara, Anda tidak perlu memikirkan bagaimana membuat program
ini, karena materi seperti inilah yang akan Anda pelajari. Jadi, sabarlah dulu.
Secara garis besar komputer tersusun atas empat komponen utama : piranti masukan, piranti keluaran, unit pemroses utama, dan memori. Unit pemroses utama ( Central
Processing Unit - CPU
) adalah “otak” komputer, yang berfugsi mengerjakan operasi-operasi dasar seperti operasi perbandingan, operasi perhitungan, operasi membaca, dan operasi menulis. Memori adalah komponen yang berfungsi menyimpan atau mengingat-ingat. Yang disimpan di dalam memori adalah
program ( berisi operasi-operasi
yang akan dikerjakan
CPU ) dan data atau informasi (sesuatu yang
diolah oleh operasi-operasi). Piranti masukan dan keluaran ( I/O devices ) adalah alat
yang memasukkan data atau program ke dalam memori, dan alat
yang digunakan komputer untuk mengkomunasikan hasil-hasil aktivitasnya.Contoh piranti masukan antara lain papan ketik (keyboard), pemindai (scanner), tetikus(mouse) , joystick, dan cakram (disk). Contoh piranti keluaran adalah layar peraga (monitor), pencetak(printer), perajah (plotter), dan cakram.
Mekanisme kerja keempat komponen di atas dapat dijelaskan sebagai berikut. Mula-mula program dimasukkan ke dalam memori komputer. Ketika program dieksekusi (execute), setiap perintah di dalam program yang tersimpan di dalam memori dikirim ke CPU. CPU mengerjakan operasi-operasi yang bersesuaian dengan perintah tersebut. Bila suatu perintah di dalam program meminta data masukan, maka data dibaca dari piranti masukan, lalu dikirim ke CPU untuk operasi yang memerlukannya. Bila program menghasilkan keluaran, maka keluaran tersebut ditulis ke piranti keluaran (misalkan dengan mencetaknya ke layar peraga).
Mekanisme kerja keempat komponen di atas dapat dijelaskan sebagai berikut. Mula-mula program dimasukkan ke dalam memori komputer. Ketika program dieksekusi (execute), setiap perintah di dalam program yang tersimpan di dalam memori dikirim ke CPU. CPU mengerjakan operasi-operasi yang bersesuaian dengan perintah tersebut. Bila suatu perintah di dalam program meminta data masukan, maka data dibaca dari piranti masukan, lalu dikirim ke CPU untuk operasi yang memerlukannya. Bila program menghasilkan keluaran, maka keluaran tersebut ditulis ke piranti keluaran (misalkan dengan mencetaknya ke layar peraga).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar